Dukung UMKM Binaan, BRI Meluncurkan Localoka Sebagai Agregator Pemasaran
Selasa, 21 Desember 2021 | 10:00 WIB
LINK UMKM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meluncurkan Localoka, agregator pemasaran untuk mendukung UMKM binaan bank tersebut. Localoka juga menjadi showcase yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BRI, berdasarkan klaster usaha sejenis.
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, Localoka dihadirkan sebagai agregator pemasaran produk kelompok usaha binaan BRI. Harapannya usaha-usaha sejenis terkonsolidasi dan bisa meningkatkan akses ke pasar.
Menurutnya, hal ini merupakan wujud konkret dukungan BRI bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Peluncuran Localoka sendiri berlangsung Jumat (17/12), dihadiri Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting.
Acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Bazaar Klaster Mantriku dan penyerahan sertifikasi halal yang sudah terlaksana rutin setiap bulan. Dalam kegiatan itu juga dijual bermacam-macam produk, mulai dari buah, sayur, frozen food dan makanan ringan.
Localoka sendiri dihadirkan agar produk klaster dapat dikenal lebih luas. Selama ini, pemasaran produk klaster masih terbatas di wilayah sekitaran kelompok usaha berada dan juga media pemasaran produk masih tradisional sehingga kurang dikenal oleh masyarakat luas.
Supari optimistis, dengan terbentukanya Localoka dapat memperkuat culture tenaga pemasar BRI, khususnya mantri sebagai advisor UMKM. “Program ini juga mampu me-leveraging market access produk kelompok usaha binaan, customer base acquisition and loyality, serta menjadi role model pengelolaan business account bagi Mantri untuk merambah online dan go global,” ujar Direktur Bisnis Mikro BRI itu.