Strategi Ampuh Marketing Instagram untuk Bisnismu
Kamis, 11 November 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Sampai saat ini Instagram marketing masih digandrungi oleh para pebisnis baik UMKM hingga bisnis besar. Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang berpotensi menjadi saluran pemasaran.
Dengan menggunakan Instagram marketing, sebuah usaha dapat meningkatkan branding produk dan perluasan pemasaran karena 72% keputusan pembelian dilakukan dengan melihat konten di Instagram. Tetapi, masih banyak ditemukan para pebisnis pemula yang belum memahami Instagram marketing tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa sebuah bisnis tidak bisa tumbuh dengan cepat walaupun sudah memanfaatkan media sosial, terutama Instagram.
Tidak perlu khawatir, berikut strategi Instagram marketing yang bisa meningkatkan perkembangan bisnismu:
- Optimalkan fitur-fitur Instagram
Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki fitur terlengkap. Sangat disayangkan jika kita tidak mengoptimalkan fitur-fitur yang ada. Tetapi, jika secara kemampuan tidak bisa menggunakan keseluruhan, kamu bisa memilih beberapa fitur yang sesuai seperti feed, instastory, reels, igtv hingga live Instagram. - Setting menjadi Instagram Bisnis
Merubah status akan menjadi Instagram bisnis bisa membantumu untuk dapat menganalisis perkembangan dari akun bisnismu melalui fitur insight Instagram. Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan konten bisnismu berdasarkan intensitas perkembangan jenis konten yang paling banyak mendapatkan perhatian followers. - Buatlah Profil Bisnis yang Informatif & Menarik
Profil bisnis sering kali menjadi first impression bagi followers baru. Sehingga kamu perlu untuk membuatnya secara informatif dan menarik. Sebagai contoh, jika kamu berjualan pudding maka, kamu bisa memudahkan audience mencari bisnismu dengan menyisipkan kata pudding dibagian nama usaha kamu. Dengan menulis produkmu, maka audience baru akan mudah menjangkau akun bisnismu. - Membuat Planning Konten
Sering kali pebisnis pemula tidak berhasil menggunakan media sosial untuk pemasaran, karena tidak memiliki konten yang menarik dan konsisten. Kamu perlu mebuat perencanaan konten secara spesifik agar bisa meningkatkan engagement dengan followers. Mulai dari jenis konten, fitur yang digunakan, jadwal postingan hingga waktu evaluasi efektivtias konten yang telah dibuat. - Perhatikan Ketepatan Copywriter
Selain konten, ketepatan copywriter seperti caption juga menjadi strategi sukses penggunaan Instagram marketing. Kamu bisa belajar lebih dalam terkait copywriter dengan mengunggah modul pelatihan “Digitalisasi Martketing melalui Copywriting” di Link UMKM.