Cara Mengelola Keuangan Bisnis Dengan Baik
Minggu, 7 November 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Membangun sebuah usaha dan mengembangkannya hingga besar memerlukan sebuah usaha serta komitmen. Bagian berat dan sekaligus bagi penting yang bisa membawa usaha kita sukses terletak pada cara mengelola keuangan usaha.
Kesuksesan sebuah usaha sangat ditentukan oleh cara bagaimana mengelolanya. Jika dikelola dengan baik, bisnis berjalan dengan lancar. Sebaliknya, bisnis akan kacau jika pengelolaannya buruk.
Berikut adalah cara mengelola keuangan bisnis. Simak penjelasannya.
1. Catat Semua Biaya Pengeluaran
Catat semua biaya pengeluaran dengan detail dan sebaik mungkin. Jika hal ini tidak bisa dilakukan dengan baik, apapun setiap jenis usaha yang dilakukan akan sulit untuk dikembangkan.
Baik itu dalam cara mengelola keuangan usaha dagang atau usaha apapun. Dengan mencatat semua biaya pengeluaran, kamu bisa melacak dengan baik kemana setiap uang yang digunakan.
2. Lakukan Perencanaan
Perencanaan secara umum atau general perlu dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Siapkan gambaran besar dan langkah awal yang akan dilakukan dalam merintis UMKM.
Setelah rencana besar dibuat, bagilah ke dalam beberapa bagian. Misalnya rencana harian, mingguan dan bulanan. Dengan cara ini, perkembangan usaha menjadi lebih terstruktur.
3. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis
Penting untuk diingat dan dicatat bagi setiap para pelaku bisnis pemula, salah satu faktor yang membuat keuangan bisnis berantakan adalah bercampurnya keuangan pribadi dan keuangan bisnis.
Cara mengelola keuangan usaha yang paling bijak adalah dengan memisahkan terlebih dahulu mana uang pribadi dan mana uang untuk bisnis.
4. Awasi Arus Kas Keuangan
Tips mengelola keuangan usaha kecil yang selanjutnya yaitu selalu mengawasi arus kas keuangan. Tujuan pengawasan ini yaitu mencegah adanya kebocoran kas.
Memang tidak mudah untuk memantau arus kas karena diperlukan ketelitian yang tinggi. Diperlukan dasar ilmu akuntansi juga agar kamu bisa memahami kas keuangan yang baik.
RZ/MG