Ini Alasan Mengapa Bisnis UMKM Kamu Bangkrut

Senin, 1 November 2021 | 08:00 WIB

Berikut 4 kesalahan yang sering dilakukan pelaku UMKM

LINK UMKM - Bicara UMKM pasti identik dengan toko kecil, kedai, home industry, jualan online, atau bisa juga punya usaha jasa. Di Indonesia menurut data dari Kementerian Koperasi dan UMKM pelaku usaha kecil dan menengah ini menyumbang 61% PDB di tahun 2020.

Selain itu, UMKM juga mempekerjakan 117 juta atau sekitar 97% dari total angkatan kerja di Indonesia. Meskipun UMKM punya peranan luar biasa dalam ekonomi, tingkat kegagalan bisnis UMKM cukup tinggi khususnya di tahun pertama. Tidak sedikit juga para pelaku usaha UMKM yang harus gulung tikar karena berbagai faktor.

Salah satu faktor utama yang bikin banyak UMKM gagal, sekaligus paling sering diabaikan oleh para pelaku usaha adalah manajemen keuangan yang tidak rapi dan tidak berencana. Berikut 4 kesalahan yang sering dilakukan pelaku UMKM:

1. Tidak disiplin mencatat arus transaksi
Kesalahan yang paling sering dilakukan yaitu malas mencatat pemasukan atau pengeluaran usaha. Mungkin kesan itu bagian tugas administrasi. Akhirnya banyak yang hanya mencatat asal-asalan dan bahkan hanya pakai ingatan saja.

Para pelaku usaha sebaiknya harus disiplin atas pemasukan dan pengeluaran, untuk mengetahui posisi keuangan bisnis, total penjualan dan keuntungan tiap bulan, sisa utang piutang sampai berapa sih sisa persediaan barang.

Dengan tahu kondisi keuangan, kita bisa punya pertimbangan bisnis yang lebih baik. Apakah bisnis sudah berjalan dengan cash flow yang sehat, atau bahkan bisa jadi kita tidak tahu kalau bisnis kita ini kondisinya lagi untung atau rugi.

2. Tidak memisahkan kekayaan pribadi dengan aset usaha
Sering sekali pelaku mengaitkan aktivitas diluar bisnis misalnya kebutuhan sehari-hari dibayar pakai uang dari hasil usaha. kebiasaan ini membuat pencatatan keuangan jadi makin ribet dan bingung.

Mungkin ini kesannya sepele, tapi kebiasaan mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha bisa membuat pelaku usaha tidak ada gambaran seberapa besar sih beban usaha mereka.

3. Tidak mengecek data keuangan dalam berbisnis
Baik skala besar atau skala kecil, sebetulnya kita tetap perlu melihat data-data keuangan sebagai acuan. Misalnya ketika masalah di persediaan yang cepat habis, perlu memastikan juga ketersediaan anggaran buat stok barang lagi.

4. Metode pencatatan manual
Pelaku usaha seringkali belum memanfaatkan teknologi. Kita harus menghitung semua laba belum jadwal tagihan hutang piutang yang sering geser-geser kalau mau cari data di buku. Padahal zaman sekarang sudah ada aplikasi pencatatan keuangan praktis.

RZ/MG

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x