Tips Copy Writing yang Menarik dan Memancing Closing
Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:00 WIB
LINK UMKM - Beriklan di media online memang sudah menjadi cara terbaik yang diterapkan para pelaku bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Tingginya jumlah pengguna media online di masa sekarang ini menjadi alasan mengapa beriklan di media online dengan memanfaatkan jaringan internet semakin populer. Salah satu cara menarik netizen di media online adalah dengan membuat strategi konten copywriting. Untuk bisa menerapkannya, Anda perlu tahu tips copywriting yang menarik dan memancing closing.
Berikut ini beberapa hal umum yang perlu diperhatikan saat menulis konten copywriting agar sukses pemasaran di dunia online dan bisa memancing closing (terjadinya transaksi pembelian yang diharapkan).
1. Produk Utama atau Materi Layanan
Karena Anda akan menulis iklan suatu produk atau jasa, mau tidak mau Anda harus menguasai informasi atau materi dari produk yang hendak diiklankan. Semakin Anda terbiasa dengan produk atau materi layanan yang akan Anda tulis, semakin besar kemungkinan Anda dapat menyajikan konten dengan teknik copywriting yang menarik. Saat membuat copywriting untuk produk Anda, tonjolkan unique selling point dari produk tersebut dibandingkan dengan produk serupa milik kompetitor.
2. Mengenali Psikologi Pembaca sangat Penting
Penulisan copywriting perlu memperhatikan psikologi pembacanya, dalam hal ini orang-orang yang menjadi target pasar Anda. Jadi pastikan sebelum menulis, Anda sudah mengenali psikologi pembaca tulisan Anda. Contoh psikologis pembaca muda tentunya berbeda dengan psikologi orang dewasa atau orang tua. Psikologi pembaca generasi milenial sudah pasti tak sama dengan pembaca dari kalangan profesional atau intelektual.
3. Perhatikan Kualitas Konten
Hal umum yang harus diperhatikan saat menulis copywriting adalah kualitas konten itu sendiri. Beberapa poin penting yang menentukan kualitas konten, antara lain gaya bahasa penulisan, tata letak artikel, dan gambar atau foto yang menjadi pelengkap artikel, serta video pendukung.
4. Tulisan yang Ditulis dengan Hati akan Sampai ke Hati
Terakhir, menulislah dengan jujur dari hati yang tulus. Tulisan yang ditulis dengan hati pada umumnya akan bisa menyentuh hati pembacanya. Anda tak perlu menuliskan hal-hal yang tak perlu atau membesar-besarkan suatu hal yang sebenarnya tidak ada hanya demi mendapatkan penjualan. Ini sangat fatal, karena jika terbukti Anda berbohong dan pelanggan mengetahui hal ini, mereka tak akan melakukan pembelian produk Anda lagi.
Selamat menerapkan tips copywriting yang menarik dan semoga setelahnya banyak pembaca yang melakukan closing atau bahkan menjadi pelanggan setia produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
RZ/MG