Sederet Fakta Unik Dibalik Hari Pelanggan Nasional
Kamis, 23 September 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Khusus setiap tanggal 4 September 2021 kemarin, merayakan Hari Pelanggan Nasional. Dihari itu juga banyak dari para pelaku bisnis yang mengadakan diskon dan promo untuk para pelanggannya.
Namun, tahu tidak sih apa saja fakta unik tentang Hari Pelanggan Nasional? Nah, untuk kamu yang belum tahu, ada baiknya menyimak rangkumannya berikut ini.
1. Diresmikan oleh Megawati
Hari Pelanggan Nasional pertama kali diperingati pada tahun 2003. Pada masa itu, Megawati Soekarnoputri sebagai presiden kelima RI, meresmikan Hari Pelanggan Nasional sehingga bisa dirayakan oleh semua kalangan pengusaha, baik itu BUMN maupun swasta.
2. Pencetus Hari Pelanggan Nasional
Ternyata, pencetusnya adalah seorang asal Solo bernama Handi Irawan. Ia merupakan pemilik Frontier Consulting Group, perusahaan riset dan marketing yang dirintis pada tahun 1997.
3. Bertabur promo dan diskon
Hari Pelanggan Nasional merupakan hari di mana gerai-gerai memberikan diskon dan promo menarik sebagai bentuk terima kasih kepada pelanggan. Kamu bisa mendapatkan diskon menguntungkan, mulai dari pembelian makanan, alat makeup, hingga perlengkapan rumah loh!
4. Maskot tersenyum
Hari Pelanggan Nasional memiliki maskot yang memperlihatkan sebuah wajah yang tersenyum dengan latar warna hijau. Ini melambangkan kepuasan yang didapatkan pelanggan setelah belanja, sekaligus kepuasan pengusaha karena memberikan barang dan jasa yang terbaik.
RZ/MG