5 Strategi Pemasaran Bisnis Agar Pembeli Semakin Banyak
Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Untuk melebarkan pasar menjadi lebih luas, pemasaran menjadi salah satu ujung tombak dalam berbisnis. Strategi pemasaran yang tepat dapat mempertambah pembeli dan juga mempertahankannya.
Terlebih di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online.
Untuk itu, sebagai pelaku bisnis ada baiknya kamu perlu mengetahui target market serta layanan dan produk yang ditawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan.
Nah, untuk kamu yang sedang pelaku usaha, berikut ini lima strategi efektif yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk dan layanannya guna menggaet pelanggan.
1. Strategi Pemasaran yang Bervariatif
Tak hanya terpaku pada satu jenis strategi marketing, strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan.
Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.
2. Media Sosial
Media sosial tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatu tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis. Tidak hanya menggandeng pelanggan, tetapi juga bisa menggandeng para agen dan reseller.
Jadi, selalu update konten media sosial. Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang sedang berkembang saat ini. Pastikan bahwa usaha yang dijalani berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Dengan demikian, pelaku usaha bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan.
3. Tidak Mengabaikan Pemasaran Lapangan
Meskipun teknologi memudahkan melakukan pemasaran secara online, bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara offline.
Hal ini dapat dilakukan memanfaatkan sales kanvas, dimana mereka dapat memberikan visualisasi produk/layanan kepada pelanggan, selain itu interaksi terhadap calon pelanggan juga dapat lebih personal dengan menyesuaikan intonasi dan bahasa tubuh.
4. Memanfaatkan Event Marketing
Event merupakan salah satu channel dan medium yang tepat untuk memperkenalkan produk/layanan kepada pelanggan. Kompetisi dan event ini dapat dilakukan secara offline maupun online untuk menciptakan kedekatan emosional dan juga rasional antara pelanggan dengan produk/layanan yang ada. Dengan demikian, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengkonsumsi produk akan sangat besar.
5. Membuat Giveaway dan Promo
Membuat giveaway dan promosi juga bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan pelaku usaha. Tak hanya dilakukan melalui media sosial, giveaway dan promosi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan.
RZ/MG