5 Hal yang Sering Diabaikan Pelaku Usaha Dalam Riset Pasar
Minggu, 10 Oktober 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Melakukan riset pasar saat memulai usaha merupakan langkah awal dan penting unutk dilakukan. Hal itu karena bisnis terbentuk oleh pasar, produk atau layanan akan ditawarkan kepada pembeli atau konsumen.
Oleh karena itu, riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar.
Nah, berikut lima manfaat penting melakukan riset pasar untuk para pebisnis pemula, sebagai berikut:
1. Mengenal karakter target pasar lebih dalam
Pelaku usaha akan lebih mengetahui karakter konsumen yang menjadi target konsumen dari produk atau jasa yang dijual melalui riset pasar.
Setelah mengetahui bagaimana dan apa yang diinginkan konsumen maka, pelaku usaha secara otomatis akan menyediakan apa keinginan yang konsumen butuhkan. Hal ini bisa memberikan layanan dan menciptakan produk yang sesuai.
2. Menganalisa strategi dari bisnis pesaing
Dunia usaha sangatlah kompetitif, sehingga lewat riset pasar pelaku usaha jadi tahu apa yang akan dilakukan kompetitor atau bisnis pesaing.
Setelah tahu langkah kompetitor, maka pelaku usaha bisa menentukan strategi dan langkah yang akan dilakukan selanjutnya.
3. Paham kebutuhan dan permintaan konsumen
Bagi pelaku usaha harus yakin terhadap produk dan layanan yang akan diterima dan mampu menjawab kebutuhan konsumen. Sehingga nantinya jumlah produk yang dibutuhkan berjumlah besar dan jangka panjang. Tentunya, imbas dari hal ini akan berdampak pada penambahan omset dan keuntungan.
4. Mencari peluang baru
Hanya melalui riset pasar, pelaku usaha bisa menambah peluang mendapatkan omset dan keuntungan yang jauh lebih besar. Bahkan omset baru ini meliputi berkembangnya usaha yang dijalankan, misalnya menjadi layanan go internasional atau ekspor ke luar negeri.
5. Mengatasi risiko
Saat memulai usaha, risiko seolah sudah seperti bayangan. Itulah mengapa meminimalisir risiko bisa dilakukan lewat riset pasar sebelum memulai usaha.
Perusahaan ataupun bisnis yang telah memperhitungkan dengan cermat apa saja kendala dan risiko yang mungkin dihadapi akan lebih mampu bertahan.
Berbagai macam resiko dan kendala yang mungkin muncul saat bisnis berjalan bisa diketahui dengan melakukan riset pasar. Contohnya kendala mendapatkan vendor terbaik, risiko kerusakan barang dan sebagainya. Berbekal data yang diperoleh dari riset pasar maka tindakan antisipasi bisa dipersiapkan.
RZ/MG