Ini Tips Mengembangkan UMKM secara Tepat
Rabu, 6 Oktober 2021 | 09:00 WIB
LINK UMKM -Selama pandemi Covid-19, kehadiran UMKM semakin menjamur, ada usaha kuliner, fesyen, otomotif, hingga kosmetik.
Pertama, menentukan yang secara jelas calon konsumen. Banyak pelaku UMKM yang membangun identitas merek dengan tidak menentukan target audiens yang jelas.
Pelaku usaha perlu tahu dan mengenali target calon pembelinya siapa, kebiasaannya seperti apa, pola perilaku yang dimiliki seperti apa serta hal-hal yang disukai apa saja.
Kedua membangun kepercayaan konsumen. Saat membangun identitas merek yang unik, membuka akses seluas-luasnya kepada konsumen agar dapat dijangkau dengan mudah adalah hal yang baik.
Ketiga, bentuk identitas merek yang jelas. Dengan banyaknya merek-merek lokal yang bermunculan selama pandemi ini, tak dimungkiri persaingan antar bisnis menjadi lebih sulit.
Merek lokal atau UMKM kamu perlu membangun identitas yang jelas, mengidentifikasi keunggulan produk dibandingkan dengan kompetitor di bidang industri yang sama.
Kelima, pelaku usaha dapat memanfaatkan kekuatan media sosial dengan membuat konten yg khas dan unik agar lebih dikenal masyarakat.
Lalu, saluran retensi, yaitu saluran yang digunakan agar konsumen selalu ingat dan loyal pada merek tertentu. Salah satunya memudahkan konsumen membeli di e-commerce.
RZ/MG