Strategi Marketing di Instagram Untuk Bisnismu
Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:00 WIB
LINK UMKM - Instagram merupakan salah satu social media yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Sampai saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 miliar likes.
Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang gunanya untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis.
Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis Anda. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas semua tentang Instagram untuk bisnis.
- Perhatikan Waktu Upload Konten
Salah satu hal yang harus kamu lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower kamudengan update yang berlebihan
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan, biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi.
- Tentukan Tema Konten
Memilih konten dengan tema yang berbeda-beda membantu bisnismu menjamin bahwa pelangganmu tidak akan bosan dengan konten.
Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantumu mencapai objektif yang berbeda-beda. Misalnya, akun Instagram sebuah sekolah yang memiliki objektif untuk meningkatkan brand awareness dan mencari murid baru bisa memilih kontes, cerita alumni, dan campus life sebagai tema konten utama.
- Buat Engagement Guidelines untuk Membalas Pesan dan Komentar
Guideline ini dibuat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnismu berinteraksi dengan akun lain di Instagram, dari like dan komentar di foto akun lain sampai merespon komentar-komentar yang masuk ke akun Instagram bisnismu.
- Tentukan Subjek yang ingin Kamu tampilkan
Secara visual, kamu perlu menentukan konten apa yang ingin kamu jadikan fokus. Tentunya, jika kamu menjual baju, foto-foto yang akan diunggah di akun Instagram adalah foto-foto baju. Jika kamu memiliki restoran, tentunya kamu akan mengupload gambar-gambar makanan dari restoranmu.
Tapi, tentu saja sesekali kamu boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnismu, tetapi bisa menjadi postingan menarik untuk followermu. Misalnya foto binatang peliharaan atau foto staff bisnismu untuk menjadikan profilmu menjadi lebih personal.
- Berpikirlah dengan Kreatif
Ambil gambar, tambahkan filter, dan post. Tiga langkah ini memang merupakan langkah dasar penggunaan Instagram.
Itu mungkin berhasil saat Instagram masih dalam tahap awal, namun platform yang satu ini sudah banyak berubah dan sekarang menawarkan banyak kesempatan bagi bisnis untuk berbagi berbagai jenis konten interaktif dan menarik.
- Selalu Gunakan Caption pada Postingan
Instagram mungkin berisi konten visual yang memikat, namun jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar bagi bisnismu untuk menceritakan sebuah kisah.
- Manfaatkan Instagram Story untuk Konten Pendek
Instagram story telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. Ini menjadi bukti bahwa bisnis harus bisa memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan brand-nya. Instagram story bisa menjadi fitur yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian.
- Kerja sama dengan Influencer
Identifikasi influencer di Instagram yang relevan dengan merek atau industri, dan mulai membangun hubungan. Beri mereka kontrol atas akunmu selama satu hari untuk takeover (pengambilalihan), atau hubungi mereka untuk bekerjasama dalam bentuk konten sponsor di akun mereka sendiri.
RZ/MG