Kenali lebih dalam kondisi usaha dengan analisis S.W.O.T
Rabu, 25 Agustus 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Analis SWOT adalah analisa yang dilakukan dengan 4(empat) acuan sebagai kuncinya yaitu strength, weakness, opportunity, threats. Keempatnya memiliki manfaat yang berbeda.
Strenght berguna bagi pelaku umkm untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki untuk mencapai kesempatan yang ada, weakness berguna bagi pelaku umkm dalam mengatasi kelemahan yang ada dan mencari solusi untuk mencegah risiko kerugian, opportunity dimana pelaku umkm dapat melihat kondisi pasar dan melihat sebuah kesempatan dengan potensi yang baik, dan terakhir threats atau ancaman dengan melakukan analisa ini nantinya pelaku umkm dapat mengetahui ancaman apa saja yang akan terjadi dengan kekurangan yang ada.
Analisa SWOT terbagi menjadi dua faktor yaitu internal dan eksternal dimana strength dan weakness masuk dalam faktor internal sedangkan opportunity dan threats termasuk dalam faktor eksternal.
Faktor internal merupakan sumber daya yang dimiliki oleh pelaku umkm contohnya seperti pendanaan, toko/kedai, karyawan, dll. Sedangkan faktor eksternal muncul dari luar usaha/bisnis yang dilakukan dan tidak dapat dikendalikan oleh pelaku umkm.
Contoh kecil dari analisa SWOT dengan 4(acuan), Toko Kopi Umar adalah toko kopi yang menyediakan beberapa pilihan biji kopi nusantara.
Strength, Toko Kopi Umar memiliki pilihan biji kopi yang lengkap.
Weakness, Toko Kopi Umar tidak menjual produk olahan dari biji kopi misalkan kopi yang bisa dinikmati di toko tersebut.
Opportunity, Toko Kopi Umar bisa menjadi pemasok dari kedai kopi karena pilihan biji kopi yang beragam.
Threats, banyaknya toko kopi yang menyediakan biji kopi namun juga menjual produk olahannya yaitu minuman dari olahan biji kopi.
RZ/MG