Peluang Usaha Kuliner Croffle, Berapa Modalnya?
Senin, 23 Agustus 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Tren kuliner makanan ringan croffle, alias paduan croissant dan waffle menjadi tren di saat pandemi Covid-19. Kuline ini muncul setelah dipopulerkan artis Korea Selatan. Sejak akhir 2020, semakin banyak pemilik kafe atau pengusaha kuliner yang menyediakan menu croffle.
Croffle pertama kali diciptakan oleh Louise Lennox, seorang koki asal Dublin, Irlandia. Pada 2017, croffle pertama kali dijual di La petite Boulangerie milik Cuisine de France, yaitu sebuah kafe yang terletak di Dublin. Mereka kemudian mengembangkan croffle menjadi makanan ringan seperti saat ini. Setelah itu popularitas croffle semakin mendunia.
Dengan modal cukup murah, kamu bisa menjual croffle. Bermodal Rp36 ribu kamu bisa membuat croffle. Modal itu untuk membeli puff pastry instan, tepung terigu, mentega, dan gula pasir.
Menu croffle juga bisa dijual melalui strategi bundling dengan minuman ringan seperti cafe caramel, & houjicha milk tea. Modal pembuatan menu minuman ini berkisar Rp10.000 per porsi.
Tren croffle kedepannya akan bertahan dan mampu menaikan penjualan para pebisnis kedai kopi hingga kafe, khususnya di masa pandemi.
RZ/MG