Cara Perkenalkan Produk Baru ke Konsumen
Jumat, 20 Agustus 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Banyak UMKM yang muncul ketika pandemi Covid-19. Kondisi ini terjadi karena disrupsi ekonomi yang terjadi. Pemutusan hubungan kerja membuat banyak orang mendirikan usaha.
Tapi, sebagai pebisnis pemula ada banyak tantangan yang dihadapi. Misalnya untuk memasarkan produk baru. Proses ini terbilang tidak mudah, terutama bila produk tersebut belum dikenal luas.
Berikut empat cara agar bisnis dan produk barumu dikenal konsumen
Pertama, riset dengan matang. Tujuannya untuk mencari tahu peluang pasar dan siapa saja yang menjadi konsumen potensial.
Cara ini penting karena menentukan apakah produk akan laku atau tidak. Selain itu, usahakan riset yang dilakukan mendetail sehingga hasil akhirnya lebih akurat.
Kedua, buat rencana penjualan. Rencana penjualan akan menjadi pedoman dalam menentukan strategi pemasaran produk yang sesuai. Rencana ini haruslah memuat beberapa hal. Pertama, target penjualan.
Tulis jumlah spesifik produk yang akan dijual.
Jangan lupa cantumkan timeline yang jelas, misalnya menjual 50 produk kepada konsumen dalam 30 hari. Timeline ini akan mempermudah Anda dalam melakukan evaluasi, serta mencari langkah perbaikan yang akan diambil ke depan.
Ketiga, mulai bangun pasarmu. Kamu bisa mulai menjual produk ke konsumen melalui website dan e-commerce. Ataupun menawarkan langsung ke teman atau kerabat dekat. Dengan begitu kamu akan mendapatkan referensi konsumen untuk ditanyakan feedback soal produk yang dijual.
Keempat, perluas jangkauan pasar. Setelah mendapatkan pondasi penjualan sudah kuat, kini Anda siap memperluas jangkauan ke pasar yang lebih besar. Seperti dengan menjual produk secara grosir ke toko retail.
RZ/MG