Tingkatkan Omzet Saat Pandemi dengan Digitalisasi Produk
Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:00 WIB
LINK UMKM - Di tengah segala keterbatasan yang ditetapkan dalam upaya menangani pandemi, bisnis tetap harus dijaga. Saat ini, persaingan semakin ketat karena digitalisasi. Salah satu sektor usaha yang paling diminati adalah kuliner.
Head of Food & Platform Merchant Marketing Gojek Felicia Wijaya menyatakanpada masa sulit, pelaku usaha dapat menerapkan sejumlah strategi untuk mengoptimalkan omzet.
Kualitas produk dan cara pemasaran menjadi kunci mempertahankan bisnis. Pelaku usaha bertanggung jawab penuh atas kualitas produknya, yang harus dijaga secara konsisten demi kepuasan konsumen.
Berikutnya, Felicia menyarankan untuk mengoptimalisasi penggunaan media sosial, misalnya melalui pemberian giveaway di akun Instagram. Atau jika ada dana lebih, gunakan fasilitas iklan pada platform terkait.
Selain itu, pelaku usaha kuliner juga bisa mengikuti promo yang disediakan GoFood. Seperti diketahui, GoFood selalu menyediakan berbagai promo dan kampanye dari beragam resto, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.
Felicia menyatakan, promo dapat membantu mendongkrak pendapatan. Terlebih, pelaku akan memperoleh visibilitas dengan merek usaha yang terpampang pada banner promo di bagian atas tampilan GoFood.
Dia juga mengingatkan agar pelaku usaha mengutamakan keamanan dan higienitas produk dengan proteksi berlapis, misalnya menggunakan selotip pada kotak makanan atau cable ties yang berfungsi mengikat plastik pembungkus.
"Lewat sosmed, pelaku usaha bisa menunjukkan proses pembuatan makanan, misalnya yang di dapur pakai sarung tangan, supaya pembeli tahu dan percaya. Penting kalau bikin apa-apa itu di-post, jangan disimpan sendiri," tutur Felicia.
RZ/MG