Tetap Profit di Tengah Covid

Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Tetap Profit di Tengah Covid (foto : pixabay)

LINK UMKM -  Melihat kondisi pandemi yang belum menemukan titik terang, pelaku usaha perlu kembali memutar otak agar mampu menjaga bisnis tetap stabil saat permintaan mulai menurun. Berikut adalah empat strategi agar bisnis tetap bertumbuh dan bertahan saat pandemic COVID-19.

  1. Jeli dan kreatif melihat peluang bisnis 

Pada dasarnya, membuat sebuah bisnis berarti menjual sebuah solusi dari suatu permasalahan yang dialami oleh konsumenmu. Saat permintaan turun, artinya solusi yang ditawarkan oleh bisnismu sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan konsumen. Saat berada pada situasi seperti itu, penting untuk segera berpikir out of the box untuk melihat peluang bisnis yang ada.

 

Kamu akan menjadi sangat rugi apabila tidak segera beradaptasi dengan kondisi pasar terkini. Untuk mendapatkan ide tersebut, kamu bisa memulai dengan menggali dan mempertanyakan bagaimana pandemic COVID-19 ini memengaruhi konsumenmu, masalah apa yang ditimbulkan dan apa solusi atas masalah tersebut. Singkatnya, kamu harus memahami betul masalah dan kondisi konsumen, lalu ciptakanlah solusi yang praktis dan kreatif.

  1. Ikuti tren belanja konsumen 

Pandemi telah membuat banyak konsumen beraktivitas di dalam rumah. Tidak terkecuali aktivitas berbelanja pun dilakukan dari rumah. Sehingga, sistem penjualan kini beralih dari toko fisik ke took online dan e-commerce. Untuk mempertahankan usaha, kamu harus mulai berpindah atau membuat toko online juga. 

Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa layanan pengiriman yang terjangkau oleh konsumenmu. Selain itu, kamu perlu mengkomunikasikan kepada konsumen bahwa bisnismu juga peduli kepada keamanan dan kesehatan konsumen. Penting untuk terus melihat perilaku dan keinginan konsumen, agar dapat selalu menyesuikan dengan kondisi yang ada.

  1. Jadikan perayaan hari besar sebagai peluang

Melihat tren belanja konsumen selama hari raya atau hari libur nasional lainnya, sebuah bisnis bisa menjadikan momen tersebut sebagai salah satu jalan mendapatkan keuntungan lebih. Kamu bisa memberikan diskon atau harga menarik lainnya selama hari besar tersebut dan pastikan ketersediaan stok dagangan Anda tetap terjaga.

  1. Susun rencana untuk beberapa bulan ke depan

Ada baiknya kamu menyiapkan rencana-rencana untuk beberapa bulan ke depan dengan scenario dimana pandemi COVID-19 masih berdampak bagi bisnismu. Kamu perlu menganalisa bagaimana bisnismu akan mengalami perubahan dan terpengaruh selama beberapa bulan kedepan. Kamu juga bisa melakukan konsultasi perencanaan bisnis melalui fitur Konsultasi di aplikasi atau website linkumkm secara gratis. Dengan bantuan dari ahlinya, Anda dapat lebih matang lagi untuk menentukan perencanaan bisnis Anda selanjutnya.

Itu dia empat strategi yang bisa kamu lakukan untuk tetap menumbuhkan bisnis di tengah pandemic COVID-19. Jangan lupa untuk memanfaatkan seluruh fitur linkumkm untuk bersama menjadi UMKM yang naik kelas.

 

 

 

 

ANDY ATMOKO

14 Agustus 2021 | 14:23:36 WIB 3 tahun lalu

SALING TIKAM MENIKAM

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x