Cara Jualan Online di Facebook Agar Cuan Terus

Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:00 WIB

Berjualan di media sosial menjadi pilihan banyak pelaku UMKM (foto : pixabay)

LINK UMKM - Berjualan di media sosial menjadi pilihan banyak pelaku UMKM. Cara ini ditempuh karena pelaku UMKM bisa mengurangi biaya promosi.

Salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat promosi yaitu pembuatan halaman bisnis dapat dilakukan dengan mudah melalui dua cara utama.
Nantinya, halaman bisnis bisa digunakan untuk melakukan promosi dari hasil usaha yang telah dibuat.

Buat Akun Facebook

Jika belum memiliki akun Facebook, buatlah akun untuk registrasi kepemilikan di halamannya. Setelah memilikinya, bisa dipilih untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis.

Buat Halaman Bisnis

Terdapat dua langkah untuk membuat halaman bisnis pada Facebook. Pertama masuk ke halaman akun pribadi dan klik link “iklan” di sisi halaman yang nantinya akan mengalihkan ke pembuatan halaman baru.

Kedua, pilih jenis halaman yang ingin dibuat, seperti bisnis lokal, perusahaan, merek, dan lain-lain. Kemudian, pilih opsi tambahan agar facebook dapat membantu menjangkau bisnis yang dilakukan ke banyak orang.

Masuk ke Halaman Bisnis

Setelah membuat halaman bisnis, halaman itu dapat diakses di masa mendatang dengan masuk ke akun utama. Klik "Akun Saya" dari menu drop-down, lalu pilih "Gunakan Facebook sebagai Halaman.

Meskipun hanya dapat memiliki satu akun Facebook dan halaman pribadi, dapat memiliki beberapa halaman bisnis atau lainnya.

Lakukan Pengaturan Dasar pada Halaman Bisnis

Pertama, pengaturan bisa dilakukan dengan menambahkan gambar/logo perusahaan. Selain logo, bisa juga menambahkan foto produk untuk dijadikan gambar halaman.


Kedua, sebarkan halaman kepada teman sesama pengguna facebook untuk menyukai halaman bisnis yang dibuat .
Jika telah meminta 25 orang untuk "Menyukai" halaman bisnis, Facebook mengizinkan untuk memiliki alamat URL kustom untuk halaman bisnis tersebut.

Kemudian, perbarui status unggahan. Ketika halaman bisnis telah siap untuk disebarluaskan, jangan lupa memperbarui status unggahan pada halaman tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya pengunjung dapat memiliki sesuatu untuk dibaca dan ditanggapi.

Menu Edit Halaman Bisnis

Menu ini dapat diakses ketika ingin mengubah halaman bisnis yang telah dibuat. Preferensi ini memungkinkan seseorang untuk menjadwalkan unggahan dan menautkan email agar bisa dihubungi pengunjung dengan mudah.

Selain itu, menu tersebut juga bisa digunakan untuk mengelola izin halaman, mengetahui informasi dasar, mengganti gambar profil halaman dan unggahan, pemasaran dan pengelolaan admin, serta akses yang lainnya.

6. Desain Halaman

Untuk membuat tampilan kustom yang menarik, gunakan aplikasi lain. Aplikasi seperti Facebook Markup Language (FBML) dapat digunakan

Facebook Markup Language (FBML) merupakan sebuah bahasa kode yang digunakan yang berfungsi sebagai kode HTML.

Dengan mengatur kode HTML tersebut, halaman bisnis dapat dikustom dengan tampilan yang diinginkan.

 

ANDY ATMOKO

11 Agustus 2021 | 20:57:51 WIB 3 tahun lalu

seharusnya yang harus dilakukan

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x