Memberikan Diskon Sebagai Strategi Penjualan
Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Diskon masih menjadi salah salu strategi dari para pelaku usaha tidak terkecuali para pelaku UMKM. Meskipun strategi pemasaran ini sudah sangat banyak digunakan dan merupakan metode lawas, tapi siapa yang tidak tertarik bila mendengar atau melihat kata diskon di sebuah gerai toko. Secara tidak sadar terkadang pasti kita akan melirik gerai toko tersebut.
Namun mari kita lupakan hal itu, banyak tips memberikan diskon yang baik dengan cara – cara berikut yang tentunya akan sangat berguna bagi para pelaku UMKM yaitu sebagai berikut :
1. Waktu Diskon
Memberikan diskon dengan jangka waktu tertentu misalkan diskon disaat tengah malam/ midnight sale, diskon spesial gajian/ payday, dan masih banyak lainnya.
2. Diskon Nama
Memberikan diskon dengan melibatkan nama pelanggan, misalkan diskon untuk pelanggan yang bernama “Maret” sebesar 30%. Dimana nantinya pelanggan yang memiliki nama berunsur Maret berhak mendapatkan diskon tersebut. Hal ini akan sangat menarik karena ikut melibatkan pelanggan secara langsung.
3. Diskon dan Post
Cara yang ketiga ini cukup ampuh terlebih bagi kaum milenial dimana pelanggan hanya perlu post di sosial media mereka dan men-tag akun media sosial bisnis kita lalu sehabis itu mereka berhak untuk mendapatkan diskon, meskipun tidak menjual sebuah produk atau layanan namun hal ini merupakan bentuk dari sebuah promosi secara gratis.
4. Diskon Grup
Kita sebagai pelaku bisnis bisa menerapkan cara ini untuk memberikan diskon yaitu dengan syarat pelanggan mengajak temannya atau keluarganya minimal 3 orang maka nantinya pelanggan tersebut berhak mendapatkan diskon, ketentuan minimal teman yang diajak tentu bisa Anda sesuaikan sendiri.
5. Diskon buy 1 get 1
Cara ini masih menjadi yang paling banyak dilakukan, meskipun memang banyak pelaku usaha yang menaikkan harga produk tersebut sebelum memberikan diskon namun meski demikian cara diskon ini masih sangat menarik bagi para pelanggan.
MG/QQ