Tips Menangani Pelanggan yang Komplain
Sabtu, 24 Juli 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Saat membuka sebuah usaha atau bisnis sangat mungkin kita akan menemui pelanggan yang melakukan complain. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri karena kita harus bisa memahami berbagai karakter pelanggan dan berusaha tetap memberikan pelayanan yang terbaik.
Kali ini kami akan berbagi tips dan trik untuk menangani komplain dari pelanggan dan dapat meredam emosi pelanggan, sebagai berikut :
1. Memberikan tanggapan yang cepat dan tepat.
Saat pelanggan memberikan sebuah komplain hal pertama yang pasti diperlukan adalah orang yang dapat mendengar dan menjawab komplain mereka, jadi usahakan selalu berikan tanggapan terlebih dahulu.
2. Jangan pernah untuk membela diri tanpa menyelidiki sumber permasalahan terlebih dahulu.
Hal ini karena jika kita membela diri dan ternyata kesalahan memang ada di sistem bisnis kita, maka itu akan membahayakan citra dari produk atau layanan kita.
3. Jangan sungkan untuk meminta maaf.
Permintaan maaf dan menawarkan solusi yang baik akan menjadi strategi terbaik selanjutnya untuk dilakukan. Anda dapat memberikan solusi seperti menukar produk, refund, dan lain – lain, tentunya dengan melakukan diskusi terlebih dahulu.
4. Jelaskan secara detail permasalahan yang ada entah itu dari pihak kita atau bahkan kekeliruan dari pelanggan itu sendiri.
5. Dan yang terakhir setelah komplain selesai, tidak ada salahnya kita melakukan follow up agar pelanggan merasa diperhatikan dan dihargai.
Itulah beberapa tips dan trik dari kami selamat mencoba, memahami karakter pelanggan memang cukup sulit tapi percayalah bila kita bisa mengatasinya akan ada kepuasaan tersendiri bagi kita dan bahkan kita bisa memperluas jaringan kita, dan mengasah kemampuan kita dalam berhubungan sosial di lingkungan sekitar.
MG/QQ