Tips & Trick Memulai Bisnis bagi Pemula
Senin, 19 Juli 2021 | 16:00 WIB
LINK UMKM - Dalam memulai suatu usaha, selaku pelaku usaha maupun perusahaan harus dapat memahami dan menyusun business plan (rencana bisnis) untuk mengembangkan bisnis mereka. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menyusun rencana bisnis yang baik dan benar:
1. Kenali Bisnis Anda
Sebelum memulai bisnis, Anda harus dapat mengenali bisnis yang akan anda jalankan nantinya secara menyeluruh dan lebih mendalam. Seperti apa bentuknya, potensi, maupun segala tantangan yang ada pada bisnis tersebut. Itu semua dapat Anda kerjakan cukup mudah dengan menggunakan analisis SWOT. Ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk membangun bisnis yang sesuai dengan keinginan dan dapat memberikan keuntungan maksimal. Dengan mengenali bisnis yang dimiliki, Anda akan mengetahui langkah seperti apa ke depan dan memahami setiap risiko yang mungkin bisa terjadi.
2. Tentukan Arah ke Depannya
Memiliki tujuan dan sasaran yang sesuai dengan pandangan yang sudah terarah sebelumnya harus dimiliki oleh semua perusahaan dan seluruh pelaku bisnis. Karena dengan adanya arah tujuan yang jelas, maka Anda akan sangat mudah untuk ke depannya dalam merancang alur dari rencana bisnis tersebut. Coba buatlah tujuan dan sasaran bisnis yang jelas dan terarah agar dapat mencapainya dengan lebih mudah.
3. Tentukan Siapa Target Bisnis Anda
Dengan menentukan target bisnis plan yang tepat, Anda bisa menyesuaikan konten bisnis plan dengan baik dan benar. Misalkan target bisnis plan adalah klien, maka Anda harus menyusun rencana bisnis tersebut dengan lebih serius, mendalam, dan profesional. Dengan adanya target, Anda akan semakin terpacu untuk mencapai apa yang ditetapkan sedari awal.
4. Tulislah Rencana Bisnis Anda
Setelah Anda sudah memahami dan menentukan ketiga langkah diatas, maka Anda langsung dapat membuat rencana bisnis yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu dituliskan dalam business plan (rencana bisnis):
• Misi Bisnis
• Ringkasan Efektif
• Penawaran Produk atau Jasa
• Target Pasar
• Marketing Plan
• Analisis Industri dan Tingkat Persaingan
• Laporan Keuangan
• Resume of Company Principal
• Penawaran
• Lampiran
MG/QQ