Sukses Hadapi Pandemi Dengan Digitalisasi Produk
Jumat, 25 Juni 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Dalam masa pandemi Covid-19, upaya untuk mempertahankan bisnis terus dilakukan. Salah satu caranya beralih menjadi digital.
Salah satu pelaku UMKM yakni Hendy Setiono, founder dan CEO Baba Rafi Enterprise mengakui tak ada cara lain bagi para pelaku UMKM selain menerapkan digitalisasi selama pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat.
Dia menyebut, di era pandemi, pelaku bisnis sepatutnya benar-benar menjadi bagian dari digital itu sendiri, atau be digital.
Di sisi lain, para pelaku UMKM masih dihadapkan dengan beberapa tantangan, di antaranya kurangnya pemahaman mengenai fitur-fitur online baru untuk bisa menggunakannya secara tepat sehingga dibutuhkan edukasi.
Kedua, dari sisi operasional, yaitu fasilitas yang sesuai untuk produksi dan penyimpanan barang dalam ukuran yang lebih besar agar dapat menjaga kualitas produk. Ketiga adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten, kata dia.
Hendy mengatakan bahwa pelaku bisnis lebih baik merancang strategi penjualan secara virtual, sehingga tidak bergantung pada gerai offline untuk menjual produk pada pelanggan.
Dengan langkah ini, kata dia,pelaku bisnis dapat tetap berhasil di tengah pandemi ataupun periode new normal. Selain itu, kunci untuk tetap mempertahankan bisnis yaitu mengedepankan atau bahkan memperbesar anggaran untuk marketing atau promosi produk. “Dengan demikian, keuntungan bisnis justru berkembang saat pandemi, dengan pemesanan online meningkat menjadi 90 persen," kata Hendy.
RZ/QQ