Kemenkop UKM Fasilitasi UMKM Kuliner Masuk Marketplace
Jumat, 28 Mei 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Upaya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk mendongkrak pelaku UMKM di bidang kuliner terus dilakukan. Kemenkop UKM menggandeng Gojek untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil bidang kuliner agar masuk ke pasar digital.
Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dengan perjanjian kerja sama ini, Kementerian Koperasi dan UKM akan memfasilitasi usaha mikro bidang kuliner untuk masuk ke GoFood dan laman Bela Pengadaan LKPP.
Teten mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar semakin banyak pelaku usaha makanan dapat masuk ke dalam e-commerce.
Dia berharap, melalui kerja sama dengan marketplace dan LKPP, untuk perluasan jaringan pemasaran, pengusaha makanan ini akan kita dorong untuk bergabun dengan marketplace dan onboarding Laman Bela Pengadaan.
Menurut laman Balai Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menjadi pasar daring yang disediakan pemerintah.
Melalui e-Katalog dan Laman Bela Pengadaan LKPP di platform digital tersebut, pelaku UMKM dapat memenuhi kebutuhan belanja pemerintah.
“Selain itu, ada Pasar Digital (PaDi), yang merupakan hasil kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Kementerian BUMN untuk menyerap produk UMKM melalui belanja barang dan jasa BUMN dengan nilai di bawah Rp 14 miliar,” kata Teten.
Teten memaparkan, upaya pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN) dilakukan dengan kebijakan subsidi bunga, penempatan dana restrukturisasi, imbal jasa penjaminan, insentif pajak, tambahan modal kerja kepada koperasi melalui LPDB-KUMKM, dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).
RZ/QQ