Promosi UMKM Jabar Lokal di Pameran Internasional Hasilkan Cuan
Jumat, 16 April 2021 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Barat Kusmana Hartadji mengatakan, promosi UMKM lokal di pameran internasional membuahkan hasil positif. Beberapa UMKM unggulan Jabar tersebut kini meraup omzet miliaran rupiah.
"Seperti produk kopi unggulan asal Kabupaten Subang yang mengikuti pameran Gulfood 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab," ujar Kusmana di sela-sela pencanangan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang digelar Bank Indonesia.
Menurut Kusmana, setelah ikut pameran, UMKM tersebut mendapat pesanan dari tiga negara, masing-masing 120 ton atau sekitar Rp3 miliar. Contoh lainnya, produk herbal jahe merah yang sudah menembus pasar eksp.
Produk yang dihasilkan pelaku UMKM asal Kabupaten Kuningan ini diminati konsumen dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Turki. "Nilai transaksinya Rp 50 miliar," kata dia.
Sebelum memasuki pasar eksp, menurut Kusmana, produk-produk tersebut lahir dari program UMKM Juara. Program yang diikuti 3.000 produk UMKM per tahunnya ini bertujuan untuk mengangkat UMKM lokal agar naik kelas.
Selain promosi offline, Dinas KUMKM Jabar mendong promosi dan penjualan online. Dari 4,3 juta pelaku UMKM di Jabar, baru 24 persen yang sudah melakukan digitalisasi.
Untuk itu, pihaknya terus mendong digitalisasi tersebut, salah satunya dengan membuat platfm digital khusus bernama bongdong.id. Melalui e-commerce ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat khususnya aparatur sipil negara agar mau membeli produk lokal, khususnya yang dibuat oleh UMKM.
RZ/QQ